Pertanyaan Wawancara Kerja - Apa Harapan Anda untuk 5 Tahun Mendatang?

Apa Harapan Anda untuk 5 Tahun Mendatang?
Anda bukanlah seorang peramal masa depan. Namun, bukan berarti Anda bisa menjawab pertanyaan wawancara yang satu ini dengan sembarangan. Inilah beberapa petunjuk menjawab pertanyaan tentang prediksi diri Anda beberapa tahun yang akan datang.

Ketahui tujuan karir
Ada baiknya Anda mengetahui apa tujuan dan harapan karir Anda sebelum wawancara dimulai sehingga bisa memperkirakan perkembangannya dalam beberapa tahun ke depan. Anda tidak akan menarik pewawancara bila dianggap tak memiliki tujuan karir karena dengan jujur menjawab "Saya belum tahu tujuan karir saya karena belum terpikirkan."

Bukan ambisi pribadi
Lupakan ambisi pribadi saat menjawab pertanyaan ini. Pewawancara tidak ingin mengetahui keinginan pribadi Anda karena tidak berhubungan dengan dunia profesional. Ungkapkan ambisi karir, yaitu tentang seberapa jauh karir Anda akan meningkat di masa depan dan berhubungan dengan posisi yang dilamar. Sedangkan, impian seperti "membeli rumah dan mobil baru" cukup Anda simpan di luar ruang wawancara.

Jawaban yang realistis
Menjawab pertanyaan tentang perkiraan karir di masa depan harus dengan realistis dan sesuai dengan rentang waktu yang ditanyakan. Misalnya, Anda tidak bisa menjawab "saya akan menjadi seorang CEO" bila pertanyaan mengacu pada 5 tahun mendatang. Ini karena jawaban tersebut tidak realistis, kecuali Anda memiliki relasi yang kuat dengan CEO sebuah perusahaan.

Tunjukkan komitmen
Pewawancara berharap menemukan karyawan yang tepat dan dapat diandalkan dalam jangka waktu panjang. Jadi, upayakan untuk menunjukkan komitmen Anda dalam jawaban pertanyaan yang berhubungan dengan komitmen bekerja. Jangan memberi kesan seolah posisi yang mereka tawarkan hanyalah penawaran sementara yang akan berakhir ketika Anda mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik di tempat lain.