Pertanyaan Wawancara Kerja - Apa Motivasi Anda Bekerja

Menjawab Pertanyaan "Apa Motivasi Anda Bekerja di Perusahaan ini?"
Ada banyak pertanyaan dalam wawancara kerja yang membutuhkan strategi dan persiapan untuk menjawabnya. Untuk pertanyaan "Apa motivasi Anda?", tidak ada pengukur jawaban benar atau salah. Namun, kiat-kiat berikut ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan seputar motivasi agar proses wawancara berjalan semakin lancar dan mengarahkan Anda pada keberhasilan.

Pikirkan dan katakan
Ingat apa yang menjadi motivasi Anda bekerja. Apakah karena mengejar hasrat bekerja di bidang tertentu, atau karena target yang ingin Anda capai di masa depan? Jawaban ini dapat Anda pikirkan sebelum wawancara dimulai. Namun, ungkapkan jawaban tersebut secara spontan dan tidak terlalu tampak dipersiapkan karena pewawancara lebih menyenangi kandidat dengan jawaban spontan.

Hindari topik materi
Meski umumnya faktor utama seseorang bekerja adalah karena kebutuhan materi (uang), tak berarti hal ini bisa diungkapkan secara gamblang dalam menjawab pertanyaan "Apa Motivasi Anda?". Motivasi materi akan memberi kesan Anda terfokus hanya kepada harta, bukan pada hal-hal yang berhubungan dengan karir dan profesi. Ungkapkan motivasi Anda yang lain, yang juga mendominasi keinginan Anda bekerja, namun bukan materi.

Relevan dan positif
Dalam wawancara, ungkapkan motivasi bekerja sesuai dengan posisi yang dilamar. Misalnya, bila motivasi Anda adalah "berbagi ilmu", maka katakan hal ini hanya bila profesi yang dilamar adalah pengajar (guru, dosen, trainer) karena relevan dengan fungsi kerja seorang pengajar. Selain itu, ungkapkan semua motivasi dengan kata-kata positif yang menggerakkan pewawancara untuk menaruh kepercayaan pada Anda untuk menjadi bagian dari perusahaan mereka.